selamat datang para pengunjung setia kami

Senin, 01 Desember 2008

Oriented Object Data Base Manajement System

I. SEKILAS TENTANG ORIENTED OBJEK DATABASE (OODB)
Oriented Object Database (OODB) mengintegrasikan kemampuan basis data (DBMS) dnegan kemampuan pemprograman berorientasi objek (OOP).
Sebuah objext oriented management system (ODBMS) membuat objek sebuah basis data terlihat seperti objek pemprograman pada beberapa bahasa pemprograman OOP.
OODB atau ODBMS dirancang untuk bekerja pada bahasa pemprograman OOP seperti Java, .net dan lain-lain. Bila kita ingin menyimpan objek pada program jaa atau .net ke dalam sebuah system basis data, kita dapa menggunakan basis data yang berorientasi kepada obyek (ODBMS).
Letak perbedaan utama ODBMS dengan RDBMS adalah pada RDBMS data direpresentasikan ke dalam bentuk table-tabel dengan kolom yang mewakili atribut data, dan beris record data itu sendiri. Sedangkan dalam ODBMS, data direpresentasikan sebagai sebuah objek, baik dalam hal pengaksesannya maupun dalam hal pemodelannya.

I.1.PERKEMBANGAN ODBMS
Pada saat diperkenalkan pertamakali, ODBMS diberikan akan segera menjadi teknologi utama dibidang basis data menggantikan Sistem Basis Data Relasional (RDBMS). Terutama karena RDBMS tidak dirancang untuk menangani tipe data multimedia. Kenyataan pada saat ini ramalan tersebut tidak mengenai sasaran. Saat ini terbutki RDBMS masih jauh lebih banyak dipergunakan. OBDMS hanya mendapatkan sebagian kecicl dari pasar perangkat lunak basisdata. Penjualan RDBMS mencapai 50 kali lipat penjualan ODBMS. Disisi lain pembuat RDBMS menambahkan kemampuan penggunaan objek ke dalam system buatannya menjadi objek relational database management system(ORDBMS).

II.2. BERBAGAI PENDAPAT TENTANG ODBMS
Banyak pihak yang meragukan perkembagan ODBMS diantaranya tersurat pada pendapat yang dikemukakan oleh Michael Stonebraker, CTO dari Informix yang mengeluarkan produk ORDBMS menyatakan bahwa “ODBMS hanya memiliki pangsa pasar kecil yang tidak memeiliki masa depan yang luas dan ORDBMS akan menggeser posisi OBMS dalam waktu hanya 5 tahun saja.”
Akan tetapi dilain pihak, optimisme akan ORDBMS tetap besar, diantaranya mengutip pendapat Rick Cattel dari Sun Mycrosystems yaitu “perkembangan ODBMS masih cukup baik, walaupun skala penjualannya yang tidak besar, akan tetapi ODBMS akan tetap dipergunakan terutama pada bidang CAD (computer-aided design) dan telekomunikasi yang tidak cocok untuk menggunakan RDBMS.”
OODB sangat banyak digunakan dalam bidang CAD/CAM dan Sistem Cerdas Terapan (AI) karena ODBMS mendukung tipe data yang kompleks dan relasi yang sulit. Juga OODB secara efisien mendukung tipe data multimedia yang banyak digunakan dalam aplikasi CAD/CAM.
Pada kesempatan lain Cattell dan Sun Microsystem menyatakan bahwa “OODB juga digunakan pada system pendataan pasiaen rumah sakit karena bagi staf rumah sakit OODB lebih mudah dipergunakan daripada basis data relasional.”
Akmal Chaudhri, seorang ahli system basis data dan doctor di The City University, London diantaranya J.P.morgan, Chase Manhattan dan Citibank menggunakan teknologi ODBMS untuk pemodelan instrument keuangan seperti obligasi.” Hal ini disebabkan teknologi ini membantu mengolah instrument yang dibutuhkan dalam pemodelan secara efektif. Teknologi berorientasi-objek juga mendukung mekanisme pewarisan (inheritance) untuk pemodelan instrument berikutnya dengan cepat dan mudah.
Juga menurut Akmal Chaudhri,”jika kita ingin memodelkan sebuah Boeing 747 dengan ODBMS, maka hubungan antara komponen pesawat dikelola langsung oleh system basis data. Sedangkan jika kita menggunakan RDBMS, kita harus membagi-bagi pesawat tersebut dalam table-tabel dan menghubungkan lagi table-tabel tersebut bila kita ingin membangun pesawat tersebut.”

Tidak ada komentar: